Bocoran Trend Teknologi di 2012

Dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak sekali perkembangan yang terjadi dalam teknologi mulai dari munculnya facebook, twitter, iPhone, iPad, aneka ragam prosesor iSeries, notebook, smartphone dan masih banyak lagi teknologi lainnya. Oh ya jangan lupa yang cukup membawa gairah baru bagi dunia dipenghujung tahun 2011 adalah keluarnya aplikasi siri dari iPhone atau Iris dari Android. Bagi yang belum tahu apa itu, silahkan baca dulu ya disini.

Ok sekarang kita langsung aja ya, sepertinya sudah pada penasaran tentang arah trend teknologi yang akan bergerak di tahun 2012 nanti. Apa saja itu?

  1. Meluasnya Penggunaaan Augmented Reality (AR). 
    Wahhh apa ini??? Kalau dibahasa Indonesiakan artinya realitas tertambah.(Hmm Gak ngerti) Begini, Anda pasti pernah mengimajinasikan sesuatu kan… misalnya karakter lucu, gimana kalau imajinasi Anda tadi, menjadi kenyataan didunia? bisa muncul lhooo Anda lihat sendiri dengan mata kepala sendiri. Wahhh pastinya seru ya… Lebih jauh lagi, gimana kalau Anda sekarang main game tapi bukan lewat layar kaca lagi lihatnya tetapi disekitar Anda pun bisa terlihat “petualangan” seperti di game? Wooow menakjubkan! Tidak hanya sampai disitu, Augmented Reality juga membantu untuk hal-hal lain seperti ilustrasi yang menghasilkan sesuatu realitas  3D, hal ini sangat membantu dalam perancangan prototype. Ya semuanya ini mungkin dilakukan dengan bantuan pemrosesan komputerisasi yang dinamakan Augmented Reality (AR). Kalau masih kurang jelas, lihat sendiri videonya disini.
  2. Tumbuhnya Micro Payment Economy. 
    Wahhh apa lagi ini? ini adalah tren dunia yang terjadi dalam bisnis yang berkaitan dengan teknologi. Sederhananya adalah penghasilan yang diterima mungkin kecil-kecil, tapi berasal dari banyak sumber. Pada kenyataannya, banyak perusahaan besar yang telah menguasai bisnis teknologi, mempunyai kekuatan besar di ranah Internet sehingga membutuhkan ide-ide dari berbagai orang untuk bisnisnya dan tentunya menjual ide Anda tersebut. Untuk setiap hasil penjualan, akan dibagikan kepada Anda sebagai imbalan. Sebagai contoh, Anda merancang desain baju, perusahaan e-commerce X membuatnya menjadi baju dan menjualkannya kepada publik melalui Internet. Tentunya, sebagai individu Anda lebih baik menjual produk lewat perusahaan besar ini bukan? daripada melakukannya sendiri semuanya. Perusahaan untung, Anda untung meski kecil-kecil tapi kalau banyak sumbernya akan jadi banyak juga.
  3. Populernya Ultrabook. 
    Dulu komputer itu besar-besar bentuknya, kemudian semakin berkembang menjadi Personal Computer (PC) yang lebih kecil seperti yang Anda punyai sekarang, setelah itu muncullah laptop/notebook, dan aneka perangkat komputer lebih modern lainnya seperti PC Tablet, Netbook dan iPad. Lantas apakah PC akan mati? Saya kira tidak, setiap produk punya segmen yang masih mencintainya J Nah trend ke depan akan lebih fokus menghadirkan perangkat komputer yang serba tipis dan ringat dan tentunya kemampuan pemrosesan yang semakin baik dengan kemampuan layar sentuh. Mungkin Anda dapat membayangkan MacBookAir sebagai dasarnya dengan fitur lebih banyak. Ingat, ciri khas ultrabook ini mempunya keyboard yang lengkap, bukan seperti smartphone. Tentunya ultrabook akan semakin memeriahkan teknologi dan menarik minat konsumen yang membutuhkan mobilitas yang tinggi dewasa ini.
  4. Mulai Jenuhnya Sosial Media. 
    Sosial media apa yang paling Anda ketahui saat ini? Facebook, Twitter, Google+, ya mereka sosial media. Di tahun 2012, kemungkinan Facebook akan mempunyai 1 juta pengguna tetapi mungkin lebih banyak berasal dari luar Amerika karena di Amerika sendiri agak stagnan. Twitter, saat ini sedang bertumbuh mencapai hingga 450 juta pengguna, tapi itupun belum tentu aktif semua. Nah Google+ sepertinya agak sulit berkembang, publik kelihatannya tidak terlalu peduli dengan kehadirannya. Semoga saja ada terobosan yang baru ya di sosial media supaya ada sesuatu yang lebih seru di tahun mendatang.
  5. Ketatnya Persaingan Dalam Chip Untuk Perangkat Mobile. 
    Wow! sepertinya akan seru buat para pengembang dan konsumen akan semakin dimanjakan di tahun mendatang. Hal yang juga terjadi sebenarnya di dunia adalah para pengembang semakin bersaing keras dalam skala mikro untuk memproduksi perangkat yang semakin mendukung untuk jalur mobile. Saat ini Intel, yang merupakan salah satu produsen chip terbesar CPU(Central Processing Unit) sepertinya tidak terlalu terdengar masuk ke pasar mobile. Sebagai informasi, untuk teknologi pemrosesan CPU yang sekarang digeluti Intel adalah berbasis ARM. Anda dapat membaca mengenai ARM disini. Disisi lain, ada manufaktur yang sedang berjuang bersama sedang menciptakan CPU baru khusus untuk phone dan tablet, yaitu bernama Pacific Rim Manufacturers. Nampaknya, usaha ini tidak terlalu dipandang menarik oleh pengguna lisensi arsitektur ARM besar seperti Texas Instruments, Qualcomm, Motorola, Marvell, Nvidia, termasuk juga penyedia hardware. Yah, mungkin karena faktor kenyamanan juga😀

Selesai sudah pembahasan kita tentang trend teknologi di tahun 2012 mendatang, tentunya tidak hanya di tahun ini saja, tahun-tahun berikutnya, trend yang berkembang di tahun ini akan dapat menentukan masa depan juga. Jadi terus update ya! Sampai Jumpa di Artikel Berikutnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s