Facebook Berganti Wajah?

Siapa dari Anda yang sudah mengubah tampilan facebook lama ke Facebook Timeline? Kelihatannya tampilan Facebook Timeline sangat menarik ya! Dibalik hal tersebut ada yang lebih menarik lagi lho untuk disimak, apa itu? Hal itu adalah hasil riset pengamatan terhadap perbedaan antara orang-orang yang melihat tampilan Facebook Timeline dan Facebook lama. Studi ini istilahnya disebut sebagai eyetracking movement.

facebook timeline

Riset eyetracking movement ini dilakukan oleh EyeTrackShop. Perusahaan ini melakukan riset dengan melibatkan 30 orang untuk melihat suatu profile di facebook dan kemudian diamati pergerakan matanya satu persatu supaya dapat dianalisis apa yang sebenarnya dilihat dari sisi point of interest yang menjadi perbedaan antara kedua tampilan tersebut. Hasilnya adalah sebagai berikut :

  1. Foto cover seseorang di Facebook Timeline, ternyata itulah bagian yang pertama kali dilihat oleh kebanyakan orang, mungkin karena sangat besar sehingga dapat menjadi fokus ketika pertama kali ditampilkan ya. Selain itu, dalam studi juga tidak dapat disangkal bahwa kebanyakan orang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melihat foto profil yang tidak terlalu besar. Sedangkan untuk tampilan Facebook lama, yang menjadi bagian yang pertama kali dilihat oleh kebanyakan orang adalah pada wall yang kemudian beralih ke informasi pribadi di bagian atas setelah itu baru ke foto profil.
  2. Iklan sponsor di Facebook Timeline lebih mudah terlihat. Hasil riset mengatakan bahwa sekitar 60% partisipan mengaku lebih mudah melihat iklan di tampilan Facebook Timeline dibandingkan dengan sekitar 40% yang mengaku lebih mudah melihat iklan ditampilan lama. Untuk lamanya waktu ketika pengunjung melihat-lihat iklan ditampilan Facebook Timeline dengan yang ditampilan facebook lama tidak terlalu terpaut jauh.
  3. Informasi pribadi seperti data pekerjaan dan lokasi mendapat perhatian lebih di Facebook Timeline. Pengunjung diperkirakan melihat-lihat sekitar 1.3 detik dibagian ini termasuk pula gambarnya. Sedangkan pada tampilan yang lama pengunjung hanya “betah” melihat sekitar 1 detik. Berikut ini adalah detil lengkapnya.

Demikianlah hasil riset yang menarik ini, selamat bermigrasi ke Facebook Timeline!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s