Perang Dasyat Browser

Perang BrowserTahun demi tahun berganti, namun perang browser di dunia maya semakin memanas. Sejak pertama kali diluncurkan di tahun 1995 dan mulai digunakan secara luas diseluruh dunia mulai tahun 1999, Microsoft Internet Explorer tetap perkasa, menempati urutan pertama dalam daftar browser yang paling banyak digunakan diseluruh dunia dengan pangsa pasar pengguna browser sebesar 39%.

Kemudian, di posisi kedua dalam daftar browser yang paling banyak digunakan diseluruh dunia adalah Google Chrome. Google Chrome adalah browser keluaran Google yang mulai diadopsi secara luas sejak tahun 2011. Chrome mempunyai pangsa pasar pengguna browser sebesar 27%.

Browser paling populer berikutnya adalah Mozilla Firefox, sebuah browser yang bertanding dengan Internet Explorer selama bertahun-tahun dan ternyata harus “rela mengalah” dan mengakui keperkasaan Chrome. Firefox, hingga saat ini mendapatkan pangsa pasar pengguna browser sebesar 25%.

Berikut dibawah ini adalah data secara grafis yang diperoleh dari StatCounter Global Stats.

Melalui gambar diatas dapat dilihat bahwa pangsa pasar pengguna Internet Explorer terus menurun dari semula sekitar 46%, demikian pula dengan pengguna Mozilla Firefox juga menurun dari semula 30%, tergerus dengan peningkatan pengguna Google Chrome. Pada grafik juga digambarkan bahwa Safari mempunyai pangsa pasar yang kecil, sekitar 6%, sedangkan opera sebesar 2%.

Nampaknya beberapa waktu kedepan, pengguna Chrome akan terus meningkat dan kemungkinan besar dalam satu dua tahun dapat mengambil alih posisi pertama dari Microsoft Internet Explorer. Pastinya Google terus meningkatkan kemampuan Chrome, terutama untuk mendukung penggunaan HTML 5. Apakah Microsoft akan diam saja? Sepertinya tidak, mungkin dalam beberapa waktu mendatang Microsoft akan membawa gebrakan yang spektakuler lewat Windows 8 yang paling diandalkannya, tentunya dengan Internet Explorer yang lebih baik. Diprediksi, Microsoft akan terus mempunyai pangsa pasar browser yang besar apalagi jika Windows 8 sukses dipasaran dengan mengusung Internet Explorer. Lalu bagaimana dengan Mozilla Firefox? Jika kecepatan Mozilla bisa mengalahkan Chrome, kemungkinan Mozilla bakal bangkit kembali, tapi yang pasti, perang browser ini tidak akan pernah berakhir dengan singkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s