Variasi Di Android: Keunggulan atau Kelemahan?

Android adalah salah satu perangkat mobile yang dikembangkan oleh Google dan sedang naik daun kepopulerannya saat ini. Bahkan di Indonesia sendiri, pasarnya sudah semakin menanjak untuk menggantikan sistem operasi  yang masih cukup populer di negeri ini, yaitu Blackberry OS. Sistem Android ini berbasis open source, dalam arti setiap orang yang mempunyai kemampuan, dapat mengolah dan mengembangkan aplikasi yang diinginkannya pada platform ini. Sangat besar kemungkinannya Android akan menjadi “raja” dunia teknologi mobile dimasa mendatang.

Namun demikian, meskipun diperkirakan “akan” menjadi raja di platform mobile, banyak variasi yang terjadi di Android yang dapat berpengaruh luas, baik terhadap keberadaan Android sendiri maupun bagi para pengembang dibelakangnya. Sebagai contoh, berbagai variasi yang terjadi di Android adalah sebagai berikut:

  • Terdapat 5 versi OS yang populer di Android, yaitu (Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread dan Ice Cream Sandwich)
  • Terdapat Android dengan berbagai ukuran dari yang ukurannya kecil sampai bentuk TV.
  • Para produsen perangkat mobile mengeluarkan versi Androidnya sendiri. Kindle Fire, perangkat mobile yang dikembangkan oleh Amazon, merupakan salah satu hasil perubahan pada Android, sehingga membentuk suatu merk tersendiri.

Variasi ini tentunya membawa dampak bagi Android sehingga hal ini menjadi perhatian khusus diantara para pengembang aplikasi. Jika dibandingkan dengan sistem IOS Apple yang terdapat pada iPhone dan juga iPad, para pengembang aplikasi dapat dengan leluasa menambahkan berbagai aplikasi kedalam platform tersebut dan dijamin aplikasinya dapat berjalan karena aplikasi dibuat di ukuran pixel yang sama. Tapi sayangnya untuk di Android, perbedaan ukuran bentuk dan versi sistem operasi seringkali dapat menyulitkan para pengembang untuk membuat aplikasi yang baik disemua variasi Android.  Berikut dibawah ini adalah pro dan kontra dari para pengembang aplikasi di Android terhadap banyaknya variasi yang bermunculan di tubuh Android.

Para pengembang setuju terhadap banyaknya variasi yang ada di Android karena:

  • Dapat mengembangkan segmentasi pasar tertentu, contohnya Kindle Fire yang mempunyai pasar khusus di Amazon yang menunjukkan bahwa penjualannya sangat kuat, hal ini memungkinkan banyak para pengembang yang masuk untuk mengembangkan aplikasi bagi Kindle Fire karena terbukti sudah mempunyai kemampuan komersil yang bagus.
  • Para pengembang dapat merancang aplikasinya untuk suatu perangkat khusus, sehingga lebih fokus.
  • Aplikasi dalam TV adalah sesuatu yang canggih. Coba bayangkan jika Android diproduksi seperti produk Apple yang hanya berasal dari produsen utama, mungkin Android dalam bentuk TV tidak akan pernah muncul.
  • Banyak bentuk untuk memperoleh penghasilan dari  adanya berbagai variasi ini.

Para pengembang kurang setuju terhadap banyaknya variasi yang ada di Android karena:

  • Terlalu banyak perangkat yang berjalan dengan sistem operasi atau OS yang berbeda sehingga membuat jadi tidak konsisten dan membingungkan, belum lagi masalah tentang kompatibilitas antara sesama pemakai maupun aplikasi yang akan digunakan.
  • Membutuhkan lebih banyak rancangan yang berbeda untuk setiap aplikasi yang dikembangkan untuk mendukung berbagai perangkat di Android.
  • Terlalu banyak aplikasi di pasar Android sehingga tidak efisien.
  • Terlalu banyak perangkat bermunculan tidak baik bagi pasar. Contohnya, Android tablet penjualannya tidak begitu baik, selain itu Google TV juga belum terlalu sukses di pasaran dan banyak aplikasi Android lain yang masih baru dan belum terbukti kehandalannya.

Demikianlah hal-hal yang dapat kita ketahui tentang banyaknya variasi yang muncul di Android ini serta baik dan buruknya. Semoga dapat membantu bagi Anda yang ingin mencari informasi untuk pindah ke Android.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s