6 Tips Berbelanja Aman Di Internet

Anda sudah bosan berbelanja dipasar atau di mall karena menghabiskan banyak waktu? Atau Anda menemukan produk yang lebih murah di Internet dan ingin sekali membelinya? Kenapa tidak beli saja lewat Internet? Sebagian dari Anda mungkin sudah sering sekali berbelanja online dan menikmati berbagai kemudahan yang ditawarkan, tapi kami yakin banyak juga yang masih takut dalam bertransaksi secara online. Hal tersebut wajar, bukankah memang kita harus selalu siap siaga agar tidak menjadi korban penipuan di dunia maya? Oleh karena itu, untuk mengatasi rasa takut berbelanja online, kami menyediakan 7 tips berbelanja aman di Internet. Simak ulasannya berikut ini.

  1. Mencari toko online yang sudah terpercaya. Toko online yang sudah terpercaya dapat terlihat dari desain toko tersebut, keramaian pengunjung website, testimonial dari pelanggan, dan kejelasan serta update informasi yang ditampilkan. Lebih bagus lagi kalau toko online tersebut juga mempunyai bangunan fisik. Semakin kriteria tersebut terpenuhi, maka akan semakin baik dan aman ketika kita berbelanja di toko tersebut.
  2. Hati-hati ketika memperoleh email yang meminta Anda memasukkan password atau data keuangan seperti nomor kartu kredit. Anda harus selalu waspada, karena penipuan mempunyai banyak cara, salah satunya adalah dengan menipu lewat email. Aktivitas mencuri data ini disebut phishing dan dapat merugikan Anda dalam bentuk materil maupun non materil. Kerugian materil contohnya adalah menggunakan kartu kredit Anda untuk berbelanja, sedangkan kerugian non materil misalnya mendapatkan password untuk mencari informasi  yang berkaitan dengan diri Anda.
  3. Sering-seringlah ubah password. Ketika Anda berbelanja online disuatu toko, kebanyakan akan ditawarkan untuk membuat akun. Sering-seringlah Anda mengubah password tersebut, misalnya 1 bulan sekali dan usahakan jangan sama dengan password aplikasi lainnya, misalnya jangan sama dengan password email, facebook dan sebagainya untuk menghindari pencurian password pada akun-akun yang Anda punyai. Untuk membuat password yang kuat, Anda dapat menggunakan aplikasi di www.safepasswd.com.
  4. Jangan lupakan password Anda. Password yang lupa dapat menjadi “celah” dikemudian hari, lebih baik antisipasi supaya jangan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Roboform untuk menyimpan password Anda secara digital dan  satu hal lagi, jangan pernah mencatat password Anda secara manual pada kertas!
  5. Perhatikan alamat website apakah menggunakan protokol https://. Hal ini sangat penting, kalau pada website biasa hanya menggunakan protokol http, usahakan ketika Anda berbelanja, khususnya yang melibatkan transaksi digital seperti pembayaran dengan kartu kredit websitenya menggunakan protokol https. ‘S’ berarti Secure atau aman, data yang dikirimkan akan diubah menjadi kode-kode yang prosesnya dinamakan enkripsi.
  6. Penipu tidak takut untuk menelepon Anda. Apa maksudnya? Maksudnya adalah hati-hati saja, barangkali data Anda “tersebar “ di Internet dan dimanfaatkan pihak-pihak tertentu. Hati-hati memberikan informasi tentang data diri Anda supaya tidak tertipu.

Semoga tips yang diberikan dapat membuat Anda lebih hati-hati dan siap untuk berbelanja online tanpa harus merasa takut. Selamat berbelanja!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s