Menemukan Passion Tersembunyi Dalam Diri Anda

Tulisan ini saya buat bagi Anda sobat yang belum menemukan passionnya, namun punya keinginan untuk selalu belajar dalam hidup. Anda tidak perlu merasa kecewa jika selama ini Anda merasa “salah jalan” karena ketidaktahuan Anda, karena saya pun pernah mengalaminya. Saatnya Anda berpikir sejenak melalui bacaan ini, apa sebenarnya passion Anda. Selama Anda masih punya keinginan dan harapan, Anda akan dapat melakukan hal-hal besar dalam hidup Anda.

Berkaca pada masa lalu, sering kita temui teman kita memiliki suatu bakat tertentu, misalnya dibidang nyanyi, memainkan alat musik, menggambar dan lain sebagainya yang mereka terus lakukan dengan konsisten dan kemudian kita berpikir bahwa itulah keahlian atau jalan hidup mereka di masa depan. Berbeda dari mereka yang telah menemukan “bakatnya”, banyak mereka-mereka lainnya yang hanya mengikuti apa kemauan orang lain, misalnya untuk menyenangkan orang tua ataupun mencoba agar dapat membuat orang lain terpesona dengan mengejar kesuksesan menjadi kaya, selain itu sisanya banyak yang tidak tahu apa yang harus dilakukan pada hidupnya, hingga saatnya tiba telah menjadi tua dan menyesali semuanya dan kemudian bertanya untuk apa hidup saya? mengapa saya tidak melakukan sesuatu yang berarti dalam hidup? Mengapa saya tidak melakukan sesuatu yang saya sukai dan terlalu takut untuk memulai sesuatu?

Sobat, mungkin Anda perlu tahu, selama 25 tahun saya adalah orang yang hidup “tanpa arah”, tidak tahu keinginan hati saya hingga pada akhirnya saya menemukan formula untuk diri saya sendiri. Formula yang saya maksud adalah kedisiplinan dan cinta akan ilmu pengetahuan hingga akhirnya saya mengenali passion saya. Saya tidak menyesali masa lalu yang saya isi dengan prestasi belajar dan bekerja, saya hanya menyesali waktu yang terbuang tanpa saya mengetahui passion saya ada dimana, namun sekali lagi tidak ada kata terlambat untuk memulai apapun🙂

Apakah Passion itu?

Bagi Anda yang belum memahami benar, saya menyimpulkan passion itu adalah suatu hasrat/keinginan yang besar untuk dapat melakukan suatu karya yang positif secara konsisten dan membawa dampak kemajuan atau nilai tambah dalam hidup di kemudian hari. Melakukan passion berefek pada kesenangan emosional.

Menemukan passion dari hobby

Cara mengenali passion Anda yang termudah adalah mengetahui hobby Anda. Tetapi sebelumnya, Anda harus sadar dulu apa yang Anda lakukan dan apa yang membuat Anda senang ketika melakukannya. Menemukan hobby itu sendiri tidaklah mudah, karena seringkali kita terkecoh dengan kesenangan sesaat yang tidak membawa manfaat apa-apa bagi kehidupan kita, ingat hobby bukanlah passion.

Hobby hanyalah aktivitas yang kita sukai dan kita lakukan dengan konsisten.

Mempunyai hobby belum tentu positif dan membawa dampak kemajuan yang menjadi ciri khas passion, misalnya seseorang hobby berbelanja, apakah positif? Bisa ya bisa tidak, tapi kalau belanja menghabiskan banyak uang dan hanya sekedar membeli untuk kesenangan pribadi, buat apa? Tapi kalau hobby belanja sebagai passion, Anda akan lebih kreatif lagi misalnya membeli untuk menjual atau untuk belajar menciptakan karya fashion yang lebih bagus lagi. Selalu ada nilai tambah dalam passion.

Saat ini saya mempunyai beberapa hobby, yaitu membaca buku (tertentu), memelihara tanaman (indoor), design (ilustrasi) dan kedepannya akan saya akan melakukan kembali hobby yang dulu, yaitu fotografi (product). Saya berikan tanda kurung pada hobby tersebut sebagai bagian dari bentuk spesialisasi yang akan mengarah pada passion. Sangat sulit sebelumnya bagi saya untuk menentukan apa yang saya ingin fokuskan karena saya memang tidak tahu dan proses berpikir saya belum berkembang seperti itu, yang pasti saya bahagia dengan semua hobby itu ketika saya melakukannya.

Ketika Anda memfokuskan suatu hobby pada hal-hal tertentu, Anda akan mulai bisa mencerna apa yang ingin Anda lakukan sehingga membuat pikiran Anda akan lebih fokus pada penemuan passion Anda.

Sekarang Anda pastinya sudah mengerti kan, bagaimana menemukan hobby dan kemudian memfokuskannya sehingga akhirnya Anda mengenali passion terbesar Anda ada dimana. Jika Anda masih belum tahu passion Anda, luangkan waktu bagi diri Anda untuk menemukannya, coba berbagai hal dan telitilah apa yang Anda sukai dan tidak sukai, karena menemukan passion berarti Anda menemukan hidup Anda didunia ini mau berkarya apa. Semoga bahasan ini membantu Anda menemukan passion Anda secepatnya🙂

“Lack of direction, not lack of time, is the problem. We all have twenty-four hour days.” – Zig Ziglar

2 thoughts on “Menemukan Passion Tersembunyi Dalam Diri Anda

Leave a Reply

