Membedakan Antara Keahlian (Skill) Dan Pengetahuan (Knowledge)

Skill dan knowledge adalah hal yang berbeda yang terkadang disama-artikan. Memperoleh dan menggunakan skill dan knowledge-pun berbeda. Dalam kehidupan sehari-hari, saya mengamati bahwa semakin banyak orang dengan pola pikir MENGGAMPANGKAN SESUATU yang mereka lihat padahal mereka sama sekali tidak memahami lebih dalam dari pola pikir mereka tersebut. Mungkin mereka merasa sudah tahu banyak? Tetapi sesungguhnya orang yang menggampangkan sesuatu adalah tanda “malas berpikir dan melakukan”. Hubungannya dengan skill dan knowledge adalah, jika seseorang menggampangkan sesuatu, akan sangat sulit memperoleh skill dan juga cenderung mengabaikan knowledge. Ok, yuk kita masuk ke pembahasan lebih lanjut.

Skill (keahlian)

menurut definisi saya adalah kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu yang sifatnya spesifik, fokus namun dinamis yang membutuhkan waktu tertentu untuk mempelajarinya dan dapat dibuktikan. Skill apapun dapat dipelajari namun membutuhkan dedikasi yang kuat untuk mempelajari ilmu tersebut seperti perlunya mental positif, semangat motivasi, waktu dan terkadang uang.

Knowledge (pengetahuan)

menurut definisi saya adalah kemampuan seseorang untuk mengenali suatu keadaan berdasarkan persepsi pikirannya. Knowledge seseorang ditentukan oleh apa yang dipelajari dari bahan bacaan, lingkungan pergaulan, pekerjaan dan lain sebagainya. Tapi sayangnya knowledge bukanlah skill jadi seberapa banyak pun Anda tahu, tidak dapat dikatakan Anda mempunyai skill terhadap hal tersebut kecuali Anda take action dan akhirnya menemukan pola tertentu sehingga cara berpikir Anda menjadi sebuah skill. Knowledge itu sendiri sangat mudah didapatkan, apalagi dewasa ini ketika Anda ke internet tinggal searching di google Anda sudah bisa dikatakan dapat mengeksplore knowledge dengan jumlah yang tidak terbatas.

Persepsi yang ambigu mengenai skill dan knowledge

Seringkali banyak orang tidak mampu memahami dan membedakan dengan baik antara skill dan knowledge, itulah sebabnya “mereka” sering merendahkan dunia pendidikan karena tidak melahirkan lulusan yang “berkualitas”. Maksud berkualitas disini saya paham benar bahwa dibutuhkan skill di dunia kerja, sayangnya tidak semua jurusan menawarkan skill yang kelihatan. Masih bingung? Baiklah saya berikan contoh supaya bisa lebih peka membedakan mana yang termasuk skill dan mana yang termasuk knowledge.

Antara kuliah di bidang manajemen dan di bidang design komunikasi visual, manakah yang termasuk knowledge dan manakah yang termasuk skill, relatif secara umum? Jawabannya adalah bidang manajemen lebih ke arah knowledge dan bidang design komunikasi visual lebih kearah skill. Saya memberikan kata relatif, karena tergantung orangnya yang belajar di bidang keilmuan tersebut dan bagaimana ilmu tersebut digunakan. Saya jelaskan lebih lanjut, orang yang kuliah dibidang manajemen, mereka paham benar dengan apa yang berhubungan dengan dunianya, seperti istilah-istilah manajemen dan keuangan, itu adalah knowledge yang sebenarnya mudah didapat. Tapi apakah skillnya ada? Itu tergantung dari banyak hal makanya ilmu manajemen sering disebut sebagai softskill. Ilmu manajemen saya katakan mempunyai skill pada cara berpikir, bagaimana mengelola sesuatu misalnya bisnis atau dalam pekerjaan. Tapi tidak akan terlihat ilmunya digunakan jika hanya menjadi staff operasional biasa, mereka harus ditempatkan dilevel manajemen baru akan kelihatan skill mengelolanya. Sudah mulai mengerti ya…

Nah sedangkan design komunikasi visual, lebih cenderung ke arah skill yang sesungguhnya karena memang dituntut untuk menghasilkan karya dalam studinya, jadi ketika lulus sudah mempunyai skill design di level tertentu.

Menjadi generalist(umum) atau specialist(khusus)

Menjadi generalist atau specialist adalah pilihan. Saya pernah berpikir adalah seseorang yang generalist, karena saya mempunyai knowledge yang banyak dalam berbagai hal namun tidak ada yang spesifik atau sangat menonjol skill-nya. Apapun saya pelajari untuk mendapatkan knowledge tertentu dan mencari minat saya ada dimana. Jika tentang komputer saya mengerti, design, animasi, ilustrasi, video editing, digital imaging, hardware, troubleshooting, web design, karena saya memang dari jurusan komputer. Bidang manajemen saya juga mengetahui strategi bisnis, marketing, operasional, human resources, financial & accounting, karena memang saya juga berasal dari jurusan manajemen hingga diteruskan ke level post-graduate. Hal lainpun saya pelajari seperti fotografi, psikologi, agrobisnis, komunikasi, NLP dsb sehingga menambah wawasan dalam pikiran saya.

Pada dasarnya, saya memang sangat senang membaca dan kemudian melakukan apa yang saya baca yang sesuai minat saya, itulah sebabnya saya bisa mempelajari sesuatu dengan mudah jika saya mau. Menurut saya itulah salah satu skill saya, yaitu kemampuan belajar cepat karena cara berpikir saya yang sudah terbentuk lewat proses pembelajaran bertahun-tahun.

Suatu kali saya berdiskusi dengan sahabat saya dan semakin mengerti ketika ia mengatakan: jangan mau jadi generalist karena orang yang mengaku generalist pada dasarnya hanya alasan buat mereka tidak punya keinginan mengembangkan kemampuan. Karena terlalu generalist, jadi tidak menyentuh esensi, terombang-ambing kehidupan terbawa arus kehidupan, terlalu kompromistis dalam mengejar cita-cita. Saya waktu itu kaget dan saya pikir kata-kata ini sangat menyentuh dan benar sekali, bahwa pada dasarnya menjadi specialist itu penting.

Jadi saran saja, sebaiknya gunakan knowledge kita untuk mengembangkan skill dan jadilah seorang yang punya spesialisasi di bidang-bidang yang Anda sukai dan tentunya terus tingkatkan knowledge Anda dalam berbagai hal. Semoga dari bacaan ini Anda mendapatkan insight baru.

One thought on “Membedakan Antara Keahlian (Skill) Dan Pengetahuan (Knowledge)

  1. Pingback: Tugas LKPTK | My blog ~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s