Manfaat Belajar Menggambar Bagi Perkembangan Anak

Anak Menggambar

Menggambar adalah suatu aktivitas yang sangat menyenangkan. Ingatkah Anda sewaktu kecil pernah mencorat-coret tembok? Wahh kalau saya, sewaktu masih kecil kata orang tua saya sering sekali corat-coret tembok, tembok pada kotor karena saya corat-coret menggunakan pensil atau pulpen. Itulah “masterpiece” awal saya hehhe, sayangya tidak ada dokumentasinya😦

Nah ketika seorang anak belajar menggambar, maka akan ada banyak hal yang membuat perkembangan si anak menjadi lebih baik. Prosesnya, mencakup perkembangan pada aspek visual, pengetahuan, mental, motorik dan komunikasi.

Proses tersebut secara lebih jauh dapat dibagi menjadi  5 aspek besar, yaitu:

  1. Aspek Visual. Aspek visual yang berkembang meliputi kemampuan merekam, kemampuan membedakan bentuk, jarak dan proporsi, serta kepekaan terhadap warna. Anak kecil sangat menyukai gambar bentuk dan juga warna, biarkanlah mereka mengeksplore gambar apa saja dengan berbagai warna.
  2. Aspek pengetahuan. Aspek pengetahuan adalah tentang kreativitas dan teknik-teknik menggambar, misalnya mulai diberitahu tentang gambar kotak, lingkaran, garis dan gabungan dari ketiga hal tersebut bisa membentuk objek, misalnya gambar kucing. Anak kecil senang sekali ketika diajarkan dengan penuh kesabaran.
  3. Aspek mental. Aspek mental adalah kemampuan mengelola berbagai perasaan dan keinginan yang ada dalam dirinya untuk mencapai tujuan tertentu. Aspek mental yang turut berkembang melalui belajar menggambar meliputi peningkatan konsentrasi, kesabaran, daya tahan.
  4. Aspek motorik. Aspek motorik mencakup segala hal yang berkaitan dengan pergerakan si anak, yaitu mengenai koordinasi gerak kecepatan, kelenturan, dan kekuatan si anak. Seiring dengan berjalannya waktu, semuanya akan berkembang semakin baik.
  5. Aspek komunikasi. Menggambar adalah salah satu bentuk komunikasi karena melalui gambar anak dapat berekspresi dengan bebas, menuangkan segala imajinasinya yang tak terbatas oleh kata-kata. Kita sebagai orang tua pun dapat melatih mereka agar berkomunikasi juga secara verbal dengan meminta si anak menjelaskan apa yang digambarnya. Sangat menyenangkan bukan?

Nah sebagai tahap awal, berikanlah anak Anda pensil dan pensil warna, serta buku gambar untuk mencorat-coret. Biarkan dia menggambar setiap hari. Anda akan takjub melihat perkembangan anak Anda dibanding anak-anak lain yang tidak belajar menggambar. Sebagai catatan, kemampuan anak akan berkembang ketika mereka berlatih, terlebih lagi dengan dibimbing oleh mentor untuk mempertahankan konsistensi dan motivasi anak Anda dalam belajar menggambar.

Semoga berguna dan generasi penerus semakin cerdas.

“The next generation must surpass the existing generation” –Lefrandi-

-Diolah Dari berbagai sumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s