Perbedaan Adobe Photoshop, Illustrator dan Indesign

Photoshop, Illustrator, Indesign

Software kadang menjadi masalah tersendiri bagi peminat dunia seni digital untuk berekspresi lewat karya, apalagi masih banyak orang yang masih merasa kesulitan menggunakan komputer. Bagi para designer pemula yang ingin masuk ke digital ataupun yang sudah pernah menggunakan, mungkin Anda juga bingung menentukan software mana yang sebaiknya digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berkaitanan dengan art & design. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kali ini saya membahas tentang perbedaan adobe photoshop, illustrator dan indesign. Tentunya akan saya bahas dengan sesederhana mungkin supaya semuanya bisa mengerti. Yuk dibaca!

  Photoshop Illustrator InDesign

Fungsi utama

Memproses foto atau gambar berbasis pixel (raster) Membuat gambar berjenis vector Membuat buku dengan halaman dalam jumlah banyak

Contoh hasil yang dapat diciptakan

Manipulasi foto, menggambar digital painting, membuat brosur Membuat logo, kartun, line art, spanduk, product mock up, brosur dan alat promosi lainnya Membuat buku, company profile, majalah, tabloid dan sebagainya

Kelebihan

Mengelola tiap elemen yang ada sangatlah mudah, karena manajemen layer pada photoshop sangat baik. Photoshop kaya dengan warna, sangat handal dan cepat dalam mengolah dan menciptakan gambar berbasis pixel sehingga menjadi pilihan utama baik untuk fotografer ataupun  pelukis digital. Dalam hal mengolah teks dan membuat layout lebih baik daripada photoshop, mendukung multi-page dalam satu lembar kerja yang dinamakan Artboard. Gambar yang dibuat di-illustrator juga dapat dicetak pada ukuran apapun karena tidak akan pecah sebagai ciri khas dari gambar vector. Fasilitas untuk wrapping teks sangat baik, sesuai dengan fungsinya untuk membuat banyak halaman pada buku. Kemudian untuk semua elemen yang ada di Indesign terhubung berdasarkan link yang ditempatkan diluar file tergantung dengan jenis file tersebut apakah pixel atau vector sehingga ukuran file layout akan sangat ringan.

Kekurangan

Tidak dapat membuat multi-page layout dalam satu lembar kerja. Hanya ada dua cara yang cukup merepotkan untuk menciptakan layout yang sama, yaitu copy seluruh isi, kemudian membuat layer baru dan menyembunyikan layer sebelumnya atau buat di lembar kerja baru secara terpisah. Tidak ada master pages disini dan  tidak bisa menambah halaman secara otomatis, fasilitas wrapping text terbatas, jadi jangan buat buku dengan banyak halaman disini karena akan sangat merepotkan. Bukan buat gambar, karena fasilitas untuk gambar sangat minim, jadi kalau ingin menggunakan foto atau gambar lebih baik diolah dulu di photoshop atau illustrator.

Tanya Jawab (Q & A) :

Q : Kalau ingin buat spanduk yang ukuran besar, misal 6 meter x 2 meter sebaiknya dimana ya, photoshop atau illustrator?

A : Saya pernah coba buat spanduk ukuran besar di photoshop, wah berat sekali prosesnya dan memakan waktu yang lama, ukuran file-nya juga besar sekali. Nah waktu itu ada orang percetakan datang ambil file sampai tunggu cukup lama dan dia bilang katanya kalau mau buat spanduk di illustrator aja, nanti mainnya pakai ratio, misalnya mau buat spanduk 6 meter x 2 meter, ya di illustrator buatnya misalnya di resolusi Width: 300px  dan Height:  100 px atau semua ukuran yang memiliki ratio 3:1. Tapi ingat, untuk file gambar raster (JPEG, TIFF, PNG, Bitmap dsb) sebaiknya diberikan yang sebesar mungkin supaya tidak pecah kalau dicetak. Untuk XBanner (biasanya ukurannya 60cm x 160 cm) juga sebaiknya menggunakan illustrator.

Q : Saya pernah melihat foto orang yang bagus lalu dimodifikasi ada sayapnya, jadi seperti malaikat gitu, bagaimana cara membuatnya?

A : Untuk softwarenya adalah menggunakan photoshop. Ada beberapa cara membuatnya, tapi pada prinsipnya foto dimanipulasi sedemikian rupa dan mungkin digabungkan dengan digital painting. Jadi selain Anda harus memperoleh foto dan elemen-elemen yang bagus (bisa cari diinternet atau foto dengan model sendiri), Anda juga harus bisa painting di photoshop sehingga akan menghasilkan karya manipulasi foto yang menakjubkan. Cara ini akan jauh lebih cepat daripada proses digital painting biasa yang membuat semuanya dari awal.

Q : Kalau saya mau gambar komik, sebaiknya dimana ya?

A : Berdasarkan pengalaman saya, buat komik bisa membutuhkan perpaduan ketiga software tersebut. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat komik mulai dari line-art maka bisa menggunakan illustrator, berbagai model layout juga bisa dibuat disini, kemudian jika ingin diwarnai secara digital painting bisa dilakukan di photoshop dan untuk penyusunan komik tersebut per halamannya bisa dilakukan di indesign. Jika ingin membuat komik singkat dan terlihat sederhana dari sisi gambar dan pewarnaan, maka komik dapat dibuat hanya di adobe illustrator atau photoshop saja, tergantung jenis gambar atau output yang ingin dihasilkan.

Q : Untuk menggambar, sebaiknya saya fokus dimana, adobe illustrator atau photoshop?

A : Ini adalah pertanyaan yang jawabannya terserah Anda senangnya gambar dimana dan hasil output seperti apa yang Anda inginkan, karena masing-masing akan menghasilkan jenis karya yang berbeda.

Semoga bisa banyak yang lebih mengerti lewat artikel ini. Kalau ada pertanyaan lain, silahkan ditanya🙂

2 thoughts on “Perbedaan Adobe Photoshop, Illustrator dan Indesign

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s