Manfaatkan SmartPhone-mu Untuk Akses Internet di PC

Smartphone-PCA: Bro, biasa kalo akses Internet pakai apa?

B: Gue mah pake SmartPhone, tinggal langganan potong pulsa aja terus bisa browsing  deh

A: Ah yang bener lo? Semudah itukah?

B: Iyalah, zaman sekarang ngapain ribet-ribet!

A: Tapi biasa gue langganan di rumah, tapi gue pikir sayang juga karena gue kan jarang dirumah, kerja sampe malem, paling sabtu-minggu baru dirumah

B: Ya kalo gitu pake SmartPhone aja, loe kan mobile gak sering dirumah

A: Tapi gue biasa akses Internet pake PC, lebih gede liatnya, lebih enak.

B: Bisa juga kok lo sambungin ke PC, tar gue kasih tau caranya.

Sekarang emang zamannya mobile, orang-orang kebanyakan akses Internet dari laptop, tablet atau SmartPhone. Bagi kamu yang mau akses Internet di PC (Komputer di Rumah) menggunakan SmartPhone, bisa juga lho memanfaatkan layanan data yang kamu sudah langganan di SmartPhone.

Gimana caranya?

Caranya:

  1. Pastikan SmartPhone kamu mendukung Personal Hotspot, baik menggunakan WiFi, Bluetooth atau Data Cable. Untuk mengeceknya, biasanya ada di menu aplikasi SmartPhone Anda. (Kalau saya pakai Lenovo A800, dengan kabel data yang dikoneksikan ke Komputer rumah dan OS Android Ice Cream Sandwich).
  2. Pastikan sudah langganan paket Internet di SmartPhone. (Kalo nggak, mau sampe kapan juga gak bisa koneksi ke Internet hehe).
  3. Koneksikan kabel data Anda dari SmartPhone ke PC, kalau jika ingin pakai WiFi atau Bluetooth, PC dirumah harus ada penerima sinyal WiFi dan Bluetooth (seperti yang biasanya sudah dimiliki laptop)
  4. Aktifkan personal hotspot di SmartPhone Anda, dan siap browsing!

Kok bisa ya?

Bisa karena pada prinsipnya adalah paket data dikirimkan dari SmartPhone ke PC untuk akses Internet. Jadi SmartPhone Anda yang sudah langganan Internet itu bekerja sebagai MODEM untuk mengirimkan paket data dari si penyedia layanan Internet.

Namun Anda sepertinya harus hati-hati untuk bandwidth yang digunakan. Karena setau saya website versi PC dan Mobile bisa berbeda dari segi besaran filenya. Misalnya website di PC menampilkan gambar sangat bagus sehingga bisa menguras isi paket data. Sedangkan untuk kapasitas data, biasanya dibatasi 500MB, 1GB, 2GB dsb.

Ok segitu dulu, kalo masih bingung boleh tanya, mumpung belum ditarik bayaran😀

One thought on “Manfaatkan SmartPhone-mu Untuk Akses Internet di PC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s