Dropshipper dan Reseller

Karena saya tidak bergerak di bidang penjualan dan pemasaran, maka sebelumnya saya tidak begitu tahu dengan istilah reseller apalagi dropshipper. Namun keingintahuan saya tentang model penjualan ini bertambah ketika mengetahui pasangan saya bisa menjual barang ke customer tanpa punya stok barang dan hanya dilakukan via BBM.

Kok bisa? Bagaimana dia menjualnya? Kan gak punya stok barang… berapa untungnya? kan yang punya barang itu distributor…

Singkat cerita…saya coba cari tahu apa sih yang dilakukannya dan apakah teman-teman yang lain melakukan hal yang sama? Ternyata ketemulah istilah dropshipper yang serupa dengan penjabaran diatas. Selidik punya selidik, singkatnya penjualan model dropshipper adalah sebagai berikut:

Dropshipper mengetahui harga suatu barang dari agen/distributor, kemudian menawarkan produk yang akan dijual kepada customer. Jika ada order dari customer, maka dropshipper akan meminta customer mentransfer uang ke rekening dropshipper terlebih dahulu. Sedangkan untuk barangnya langsung dipesan dari agen/distributor untuk kemudian dikirimkan ke alamat customer yang dituju. Jadi, dropshipper mengambil untung diatas harga agen/distributor, atau bisa juga harganya dikasih diskon dari agen/distributor karena bertindak sebagai dropshipper.

Berbeda dengan reseller. Kalau reseller itu, diwajibkan untuk membeli barang dari agen/distributor untuk stok dalam jumlah banyak, baru setelah itu dijual kembali kepada customer.

Biasanya reseller bisa mendapatkan untung yang lebih besar daripada dropshipper, tetapi tentu risiko reseller lebih tinggi karena stok barang yang ada bisa tidak laku dijual. Sedangkan dropshipper risikonya sangat kecil karena tidak perlu mempunyai stok barang. Selalu ingat prinsip berikut :

High Risk – high Return,

Low Risk – Low Return.

Semoga pengertian dropshipper dan reseller ini menjadi lebih jelas.

One thought on “Dropshipper dan Reseller

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s